Manfaat Dahsyat dari Jantung Pisang



Manfaat jantung pisang | Pisang yaitu tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah tropis seperi Indonesia, mengenai buah pisang yang sudah masak sendiri banyak dikonsumsi oleh semua orang. Tidak hanya itu saja, hampir semua bagian dari pisang sebenarnya dapat kita manfaatkan, jadi selain daging buahnya juga ada bagian dari pisang yaitu jantung pisang yang mana ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Perlu anda ketahui bahwa buah pisang adalah buah yang begitu digemari karena daging buahnya mengandung kalori yang sangat baik untuk kesehatan. Demikian juga dengan jantung pisang yaitu memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun harga dari jantung pisang lebih murah, akan tetapi jangan sampai meremehkannya. Sebab secara klinis juga sudah dapat di buktikan akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.
Selanjutnya apa saja manfaat dari jantung pisang?
Jadi ternyata setiap 25 gram jantung pisang itu terkandung 1, 2 gram senyawa protein, 31 kkal, 0, 3 gram lemak dan 7, 1 gram karbohidrat. Di samping itu dalam jantung pisang juga terdapat zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, C dan juga mineral. Bahkan jantung pisang juga disebut-sebut sebagai makanan yang mempunyai kandungan nutrisi paling komplit apabila kita bandingkan dengan bahan makanan lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih banyak manfaatdari jantung pisang dapat anda simak penjelasan berikut :
1. Jantung pisang sangat baik dikonsumsi untuk seseorang yang tengah menjalani diet. Hal ini karena kandungan lemak di dalamnya cukup rendah dan memiliki serat yang baik sehingga dapat memberikan dampak kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi. Selain itu kandungan fiber di dalamnya juga dapat memperlancar pencernaan.
2. Jantung pisang baik untuk penderita diabetes. Jadi kandungan indeks glimik yang ada di dalamnya tergolong rendah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.
3. Dapat mencegah serangan stroke. Selain itu juga bisa memperlancar siklus darah karena jantung pisang sendiri juga bersifat anti-koagulan yang mana dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
4. Mampu mengikat lemak serta kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan melalui feses.
Jadi meskipun semua tanaman pohon pisang sanggup memproduksi jantung pisang, namun sebaiknya pastikan jantung pisang dari jenis pisang yang enak untuk dikonsumsi seperti halnya pisang kepok, klutuk, siam dan pisang batu. Adapun jenis-jenis pohon pisang tersebut memiliki rasa yang lebih enak dan gurih karena mengandung senyawa protein yang lebih tinggi. Nah, dengan begitu mulai sekarang anda dapat lebih mempertimbangkan untuk memanfaatkan jantung pisang sebagai jenis menu keseharian.
BAGAIMANA APAKAH KAMU MASIH INGIN MENGONSUSMSINYA?

Bagikan

Lihat Yang Lainnya

Previous
Next Post »

5 comments

comments
March 3, 2016 at 6:29 PM delete

Hampir tiap hari ada pisang di rumah buat konsumsi, baru sadar manfaat jantung pisangnya.. Keren.. Thank you infonya

Reply
avatar
March 3, 2016 at 6:33 PM delete

Setau saya jantung pisang cuma bisa dimakan, ternyata masih banyak kandungannya.

Reply
avatar
March 3, 2016 at 7:00 PM delete

sejak akang kecil suka di masakin jantung buah pisang, dan yang jadi faforit akang tuh jantung buah pisang kepok. setelah tahu manfaatnya akang jadi pengen lagi dimasakin ma istri nih,,

Reply
avatar